Monday, April 4, 2011

Melongok Pasar Malam Indonesia 2011

Jadi apa yang Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah benar-benar semua tentang? Laporan berikut termasuk beberapa informasi menarik tentang Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah - info bisa anda gunakan, bukan hanya barang lama yang mereka gunakan untuk memberitahu Anda.
DEN HAAG, KOMPAS.com - œSelamat datang khusus kepada semua hadirin yang sudah dating darijauh,demikian disampaikan Willem Frederick Van Eekelen, DiplomatSenior danMantan Menteri Pertahanan Belanda, dalam bahasa Indonesiayangterpatah-patah ketika mengawali sambutan pembukaan di acara PasarMalamIndonesia (PMI) 2011 di alun-alun kota Den Haag, Malieveld, 1April2011. Karena begitu semangatnya, kata œdatang pun diucapkan œdating oleh Van Eekelen.

Demikian Aris Heru Utomo, Kompasianer yang juga diplomat Departemen Luar Negeri, melaporkan lawatannya ke Eropa di Kompasiana. Berikut laporan lengkapnya...

Selanjutnyadalam bahasa Inggris, Van Eekelen mengemukakan kekagumannyaterhadappenyelenggaraan PMI dan upaya Indonesia menjadi salah satubangsaterkemuka di dunia melalui motto œunity in diversity.Menurutnya, apayang telah dicapai bangsa Indonesia bukanlah hal yangmudah. Namun,Indonesia telah membuktikan kemampuannya dalam mengatasimasalah danmemelihara kesatuan. Indonesia telah membuktikan dapatmengelolaperbedaan dan menunjukkan bahwa perbedaan bukanlah hal yangperludihindari.

œSuatu prestasi yang mengesankan, puji Van Eekelen(kali inidalam bahasa Indonesia) kepada sekitar 500 orang undanganyang memenuhiruangan pertemuan. Tampak hadir dalam acara pembukaanantara lainmantan Menteri Luar Negeri Belanda, Bernard Bolt, danMantan Duta Besar RIuntuk Belanda, J.E. Habibie, serta sejumlahpejabat dan tokoh masyarakat.

Apayang disampaikan Van Eekelen mengenai PMI dan Indonesia nampaknya bukanlah sekedar basa-basi. Sebagai seorang mantan pejabat senior Belanda yang terlibat langsung dalam penanganan hubungan bilateral Indonesia-Belanda, Van Eekelen memahami perkembangan yang berlangsung di Indonesia dan upaya-upaya untuk mempererat hubungan kedua negara, baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun anggota masyarakat, termasuk inisiatif Kedutaan Besar RI (KBRI) di Den Haag yang didukung masyarakat Indonesia di Belanda untuk menyelenggarakan PMI.

PMIsendiri merupakan kegiatan yang diselenggarakan Kedutaan BesarRepublikIndonesia (KBRI) di Den Haag sebagai upaya promosi terpaduperdagangan,pariwisata, dan investasi serta seni budaya kepadamasyarakat Belanda.KBRI memfasilitasi promosi terpadu dari berbagaikementerian instansipusat, pemerintah provinsi, kota dan kabupaten,Badan Usaha Milik Negara(BUMN) dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).Selain itu, PMI jugadimaksudkan untuk memperkuat dan mempertahankanhubungan kekerabatanmasyarakat Belanda yang memiliki hubunganemosional dengan Indonesia,yang jumlahnya diperkirakan sekitar 1,5juta orang (10% dri totalpenduduk Belanda). Kegiatan yang merupakangagasan Duta Besar RI J.EHabibie ini, terselenggara untuk pertamakalinya pada tahun 2010. Padatahun 2010 tersebut,PMI diselenggarakanselama 5 hari dan berhasil menarik pengunjung sebanyak 35 ribu ataurata-rata 7 ribu orang per hari.

Sebagian besar informasi ini berasal langsung dari pro Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah. Hati-hati membaca untuk mengakhiri hampir menjamin bahwa Anda akan tahu apa yang mereka ketahui.

Menyusulkeberhasilan PMI 2010, maka pada tahun 2011 ini kembalidiselenggarakankegiatan serupa dengan waktu yang lebih lama dan tempatkegiatan yanglebih luas. Jika pada tahun 2010, kegiataan berlangsung 5hari, maka ditahun 2011 kegiatan berlangsung 7 hari dan tempatkegiatan diperluasdari 3.500 m2 menjadi 6.000 m2. Dengan tempat yanglebih luas, otomatispeserta PMI menjadi lebih banyak. Terdapat sekitar70 stan untuk pesertaPMI yang datang antara lain dari provinsi DKIJakarta, Jawa Barat,Sulawesi Utara, Bangka Belitung, PemerintahKabupaten/Kota Kutai Timur,Surakarta, Surabaya, Batam, perusahaanpenerbangan Garuda, Pelindo II,Angkasa Pura ataupun Pertamina.Sementara itu, pada stan makanan danminuman, terdapat sekitar 30 stanmakanan yang berisikan makanan danminuman khas seperti sate,gado-gado, bakso, rendang, soto, siomay, escendol, es kelapa, esdoger, dan sebagainya. Khusus stan makanan,penjualnya adalahmasyarakat Indonesia di Belanda atau orang Belandayang memilikikeahlian memasak masakan Indonesia dan sertifikasiberdagang makanan diBelanda

Bakgayung bersambut, kegiatan PMI ini disambut penuh antusias oleh masyarakat Belanda, khususnya masyarakat Indonesia dan keturunan Indonesia yang tinggal di Belanda. Pada saat pembukaan tanggal 1 April, hadir sekitar 2.000 orang pengunjung. Selain memadati tempat pembukaan di Performance Hall, pengunjung juga menyesaki Exhibition Hall dantentusaja menikmati makanan dan minuman khas Indonesia di food hall.

Menyenangkan sekalimelihat sebagian warga negara Indonesia di Belanda,yang jumlahnyadiperkirakan sekitar 15 ribu orang, dan masyarakatBelanda keturunanIndonesia atau memiliki ikatan emosional berdatanganke PMI. Merekadatang bukan sekedar untuk berbelanja dan mengenalIndonesia, tetapisekaligus untuk bernostalgia dan mengobati rasakangen akan Indonesia.Mereka umumnya adalah para orang tua yangdulunya pernah tinggal diIndonesia, yang lahir pada masa-masamenjelang perang kemerdekaanIndonesia ataupun sesudahnya. Untuk itu,meski harus duduk di kursiroda, mereka rela datang dari tempat yangjauh ke PMI. Beberapa terlihatsangat antusias berfoto mengenakanpakaian adat Sumatera di stan DharmaWanita KBRI.

Sementaraitu di Performance Hall, para pengunjung dihibur para artisyangsebagian besar didatangkan langsung dari Indonesia seperti JopiLatul,Edo Kondologit, Pinkan Mambo, The Professor, Lia Marlea, danNindy sertaartis-artis yang dibawa pihak pemerintah daerah. Parapengunjung tidaksungkan-sungkan bergoyang dangdut atau menaripoco-poco ketika paraartis membawakan lagu dangdut atau lagu poco-pocokarya Ary Sapulleteatau yang seirama.

Sementara ketika pertunjukkanseni tari tradisionalberlangsung, para pengunjung tetap menyesakiPerformance Hall danmenyimak dengan seksama berbagai tarian yangditampilkan. Dua hari kedepan, Performance Hall diperkirakan akansemakin disesaki pengunjung,karena selain artis yang disebutkan diatas, akan tampil pulaartis-artis jebolan Indonesia Mencari Bakatseperti Punky Papua,Rumingkang, Putri Ayu dan Hudson, selain itu adapula artis senior BobTutupoly.

 

Daripengamatan sepintas dari 3 hari pelaksanaan PMI, terlihatantusiasmeyang tinggi masyarakat Belanda untuk hadir di PMI. Sakingantusiasnya,saya perhatikan tidak sedikit yang yang datang setiap harimulai darihari pertama. Ketika ditanya alasannya datang setiap hari,banyak yangmenjawab karena senang dengan atmosfir PMI yang benar-benarmencerminkankeindonesian, mulai dari produk yang dipromosikan hinggaseni budayayang ditampilkan, seperti angklung dan tari tradisional. œAsli Indonesia kata mereka.

Halini berbeda dengan pasar serupa yang telah lebih dahuludiselenggarakanmulai 50 tahun yang lalu yaitu Pasar Tongtong. DiTongtong suasanatersebut sudah tidak lagi didapatkan. Produk-produkyang ditawarkansudah bercampur aduk dengan produk dari berbagai negaraseperti China,Malaysia, Thailand, Suriname, dan sebagainya, sehinggatidak ada bedanyadengan pasar pada umumnya. Seni budaya yangditampilkan juga sudahberagam dari berbagai negara. Selain tiketmasuknya juga tinggi yaitu 18euro, bandingkan dengan PMI yang hanyamengenakan tiket masuk sebesar 5Euro.

Menjawabtudingan bahwa PMI diselenggarakan untuk menjegal keberadaanPasarTongtong, Kuasa Usaha Sementara KBRI Den Haag Umar Hadimengemukakanbahwa penyelenggaraan PMI tidak sama sekali dimaksudkanuntuk menjegalPasar Tongtong yang diselenggarakan setiap bulan Mei,tapi untuk lebihmengaktifkan kegiatan promosi terpadu Trade, Tourism,and Investation(TTI). Dengan sekitar 1,5 juta warga Belanda yangmemiliki ikatanemosional dengan Indonesia, Belanda merupakan pasarpotensialproduk-produk Indonesia dan pintu gerbang produk-produkIndonesia kenegara-negara Eropa lainnya.Karena itu KBRI bermaksud untuk melembagakan kegiatan PMI setiap tahunnya dan diharapkan nantinya bisa sebesar Pasar Tongtong dan berjalan beriringan.

LangkahKBRI Den Haag tentu saja layak disambut baik oleh berbagaikalangan diIndonesia guna pelaksanaan promosi yang benar-benar terpadumenyangkutTTI. Koordinasi antar instansi di Indonesia perlu dilakukandengan lebihbaik lagi dan penyusunan prioritas kegiatan promosihendaknya disusunbersama dengan melibatkan Kementerian Luar Negeri danKBRI. Jika inibisa dilaksanakan, tidak tertutup kemungkinan impianuntuk menjadikankegiatan seperti PMI sebagai arena promosi yang sangatbesar dapatterwujud. Semoga.

Anda tidak dapat memprediksi kapan mengetahui sesuatu yang ekstra tentang Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah akan berguna. Jika Anda belajar sesuatu yang baru tentang Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah dalam artikel ini, Anda harus file artikel di mana Anda dapat menemukannya lagi.

No comments:

Post a Comment