Sunday, January 9, 2011

Petani Butuh Perbaikan Saluran Irigasi

In today's world, it seems that almost any topic is open for debate. While I was gathering facts for this article, I was quite surprised to find some of the issues I thought were settled are actually still being openly discussed.
BENGKULU, KOMPAS.com - Para Petani di Kelurahan Semarang Kota Bengkulu membutuhkan perbaikan irigasi akibat lahan persawahan mereka mengalami kekeringan karena kekurangan pasokan air.

"Kami mengharapkan irigasi segera diperbaiki, sebab lahan sawah sudah semakin kering dan retak-retak," kata seorang petani di Kelurahan Semarang, Kota Bengkulu, Mardi, Minggu (9/1/2011).

Akibat kekeringan tersebut tanaman padi yang tumbuh terlihat tidak subur dan daunnya mulai menguning.

"Kekeringan di areal persawahan ini sudah terjadi sejak tiga minggu terakhir, padahal tanaman padi yang saya tanam sudah berumur enam minggu," katanya.

Bila tanaman padi tetap tidak mendapatkan pengairan yang cukup dalam dua minggu ke depan, maka dipastikan akan gagal panen dan menderita kerugian mencapai Rp 1 Juta.

The more authentic information about mobil keluarga ideal terbaik indonesia you know, the more likely people are to consider you a mobil keluarga ideal terbaik indonesia expert. Read on for even more mobil keluarga ideal terbaik indonesia facts that you can share.

"Salah satu penyebab kekeringan areal persawahan di bagian hilir, dikarenakan jebolnya irigasi akibat bencana alam gempa bumi berkekuatan 7,9 Skala Richter yang mengguncang Bengkulu pada 2007 lalu," katanya.

Setelah bencana gempa bumi tersebut, para petani di Kelurahan Semarang sudah melaporkan kerusakan irigasi kepada Dinas Pertanian, dan DPU Kota Bengkulu.

"Kita sudah beberapa kali melaporkan dan mengusulkan agar pemerintah segera memprogramkan pembangunan untuk memperbaiki kerusakan irigasi yang telah rusak selama tiga tahun," katanya.

Ia mengaku, setelah melaporkan kerusakan irigasi, memang ada pegawai pemerintah yang melihat dan mengukur lokasi irigasi yang mengalami kerusakan.

"Namun sayangnya, hingga kini kondisi kerusakan irigasi semakin parah dan belum ada juga program pembangunan pemerintah untuk memperbaiki saluran air tersebut," katanya.

Ia mengatakan, bila tidak ada juga perbaikan irigasi dalam waktu dekat, para petani akan terus menderita kerugian karena tanaman padi yang gagal panen akan semakin luas.

Those who only know one or two facts about mobil keluarga ideal terbaik indonesia can be confused by misleading information. The best way to help those who are misled is to gently correct them with the truths you're learning here.

No comments:

Post a Comment